Mercedes Benz O 500 / OH 1830
![Mercedes Benz O 500 / OH 1830 Mercedes Benz O 500 / OH 1830](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6AmtObPikT9Yeh2D8Qp-4RpsOGEjBXsxQHUl-hT9osyTEtgmZ5ySeQR8cprDnAo8XDdygqkL0pOTiKxbQUlo7TtQvYKTQOoAmYGXhSdYvDLD9SRQfWVGAoYRHVaZwjCmI9sUvenhaKA8/s320/O500U_chassis-cutout_480x2551.png)
Spesifikasi Teknis OH-1830
Engine : OM926LA Euro III
Type : 6 Cylinder in line
Power max : 300 hp/2200rpm
Torque max : 1200nm/1400rpm
Dispacement : 7201cm3
Transmission : ZF S6-1550 6 speed
Suspension : air suspension
Steering : ZF 8098
Tyres : 8.25 x 22.5
Chassis ini terdiri dari 2 modul, front modul (driver compartement dan front axel) dan rear modul (rear axel dan engine compartement). Engine OH 1830 keluar dari ATPM di hubungkan dengan sebuah chassis sementara yang pendek untuk pengiriman ke karoseri-karoseri, tetapi sesampainya di karoseri akan di lepas menjadi 2 bagian, Kemudian Chassis akan di rancang dan di buat oleh karoseri dengan standart material chassis yang di awasi langsung dari pihak Mercy.
Chassis space frame di bangun menggunakan pipa-pipa kotak (Bahan Material recomendasi dari Mercy) yang bertujuan untuk memberikan ruang bagasi yang ekstra besar, sehingga sangat cocok untuk bus pariwisata atau bis antar propinsi dimana penumpang sering membawa barang bawaan yang banyak.
Suspensi depan menggunakan 2 airbellow dengan 4 telescopic shock absorbers. Suspensi belakang memakai 4 airbellow dengan 4 telescopic shock absobers. Rem depan dan belakang sudah menggunakan discbrake serta dilengkapi dengan hydarulic retarder dan ABS.
Chassis O500/OH1830 menggabungkan keunggulan teknologi suspensi dan mesin kepunyaan Mercedes-Benz, memberikan kinerja tinggi dalam beban yang berat dan kondisi jalan yang tidak menentu. Built-in air suspension dan penempatan mesin di belakang memberikan kenyamanan dan keamanan untuk penumpang. O500/OH1830 tersedia dalam transmisi otomatis dan retarder terintegrasi.
![]() |
Foto mesin dari Bismania |
Dari sisi mesin sendiri OH1830 ini menggunakan mesin tipe OM926LA 6 silinder 7200 cc bertenaga 300hp. Dibandingkan Scania atau Ankai, OH1830 memili mesin yang lebih kecil tapi memiliki power dan torsi yang cukup besar.
Sekian review singkat mengenai Chassis OH 1830, tunggu update review berikutnya yang lebih mendalam.
MERCEDES BENZ CHASSIS OH 1836 | OC 500 RF
Mercedes Benz setelah meluncurkan Chassis dengan suspensi udara (Air Suspension) seri OH 1626 kemudian OH 1830 saat ini yang terbaru adalah Chasis OH 1836 dimana Chassis ini mampu dibebani hingga 18 Ton dan bertenaga 360 HP. luar biasa sekali karena Chassis Mercy OH 1836 dikategorikan sebagai Chassis kelas premium jadi untuk harga jangan di tanya. Karena saat ini Chassis Mercedes Benz OH 1836 tergolong masih baru banyak dari PO (Perusahaan Otobus) melirik untuk membangun sebuah bis di atas chassis ini dengan berbagai model dari karoseri, misal dengan baju model JetBus dari Adiputro atau, Scorpion King dari Karoseri Tentrem atau model-model yang lain dari karoseri -karoseri di Indonesia.
Chassis OH 1836 dibuat dengan model Space Frame seperti halnya OH 1830 dan OH 1626 yang bertujuan untuk menambah kenyamanan penumpang, peningkatan kualitas dan biaya perawatan yang lebih murah. Untuk lebih jauh mengenai Chassis MB OH 1836 mungkin baiknya mengetahui spek dari Engine dan chassis Mercedes Benz OH 1836.
Tehnikal Spesifikasi Mercedes Benz OH 1830/ OC 500 RF
Chassis OH 1836 dibuat dengan model Space Frame seperti halnya OH 1830 dan OH 1626 yang bertujuan untuk menambah kenyamanan penumpang, peningkatan kualitas dan biaya perawatan yang lebih murah. Untuk lebih jauh mengenai Chassis MB OH 1836 mungkin baiknya mengetahui spek dari Engine dan chassis Mercedes Benz OH 1836.
Tehnikal Spesifikasi Mercedes Benz OH 1830/ OC 500 RF
Engine Model
|
MB OM 475 LA. III/22 ; Euro III
|
General Characteristics
|
6 cylinders, vertical in-line, turbo charged and intercooled
|
Power max
|
260 kW (354 cv) @ 2000 rpm
|
Torque max
|
1600 Nm @ 1100 rpm
|
Displacement
|
11.967 cc
|
Clutch Model
|
MFZ 430
|
Type
|
Single disc
|
Actuation
|
Hydro pneumatic with servo-assistance
|
Gearbox Model
|
MB GO 190
Manual with 6-speed transmission
|
Shifting system
|
Manual lever, by cables
|
Synchronized gears
|
6
|
Gear ratio
|
i=8.17/4.65/2.79/1.81/1.25/1.00 and R= 7.68
|
Maximum speed (km/h)
|
120
|
Maximum ramp capacity (%)
|
Vehicle loaded ; 48 %
|
Front Axle Model
|
Independent RL 75 E
|
Technical loads
|
7.100 Kg
|
Rear Axle Model
|
MB- HO 6 / 3 DCL(S)-13
|
Gear Ratio
|
i=3,154
|
Technical loads
|
11.500 Kg
|
Front Suspensions Type
|
Pneumatic, with 2 air bellows
|
Shock absorbers
|
2 telescopic with double action with Stabilizer bar
|
Rear Suspensions Type
|
Pneumatic, with 4 air bellows
|
Shock absorbers
|
2 telescopic with double action with Stabilizer bar
|
Steering Model
|
ZF 8098 Hydraulic, power assisted
|
Wheels and Tires
| |
Wheel ring / Tires
|
8.25x22.5/ 295/80 R 22.5
|
Alternator
|
1 X 28 V / 140 A
|
Battery
|
2 x 12 V / 200 Ah
|
Brakes / Safety related
|
EBS – Electronic Brake System (Wabco), ABS and ASR integrated
|
Service Brake
|
Dual circuit full air brake with disc brake front and rear
|
Parking Brake
|
Chamber with accumulative spring, pneumatically operated
|
Nah itu tadi spesifikasi chassis dan engine MB OH 1836 dari tabel di atas bahwasanya Chassis ini memang di peruntukan bagi bis kelas premium yang mengutamakan kenyamanan dilihat dari suspensi udara yang indipendent (front Axle), dimana Axle depan dapat di bebani hingga 7,1 Ton dan Axle belakang dapat dibebani 11,5 Ton
Foto-Foto Chassis Mercedes Benz OH 1836
Kelebihan menggunakan Chassis MB OH 1836 adalah selain suspensi udara yang super empuk, PO (perusahaan otobus) juga dapat membuat bis yang lebih panjang hingga 12,8 Meter karena sebelumnya chassis bis memiliki panjang maksimal 12 meter saja. Dengan demikian kapasitas penumpang / seat bertambah, pastinya menambah keuntungan :)
Dimensional OH 1836
Wheel Base | 6.650 mm |
Front Overhang | 2.680 mm |
Rear Overhang | 3.470 mm |
TOTAL | 12.800 mm |
Dan untuk membangun sebuah bodi bis dengan chassis OH 1836 pastinya harus memenuhi beberapa kriteria dan syarat ketentuan dari Mercedes benz yang paling utama adalah material tubular pipe harus sesuai rekomendasi, biasanya menggunakan seri pipa STKM 13B dengan pengujian kekuatan sebagai berikut : Tensile Strangth ≥ 440 N/mm², Yield Strength ≥ 305 N/mm² , Elongation 15-20 % atau setidaknya lebih tinggi dari material yang di rekomendasikan.
bagus (y)
BalasHapusmas ijin kopas
BalasHapus